Blog


Tumbuh Kembang Anak Terganggu? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya, Simak Artikel Berikut Ini!

Tumbuh Kembang Anak Terganggu? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya, Simak Artikel Berikut Ini!

Dipublikasikan oleh Awanda Santoso 2 years ago - 1 min read
Tumbuh Kembang Anak Terganggu? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya, Simak Artikel Berikut Ini!

Bagi sebagian orang kondisi rumah yang berantakan adalah hal yang wajar apalagi jika memiliki anak-anak di dalamnya. Kebanyakan diantara mereka pasti malas untuk membersihkan rumah berulang-ulang karena tau nantinya akan menjadi kotor lagi. Namun, kondisi rumah yang berantakan seringkali dapat memicu stress bukan hanya bagi orang dewasa saja namun ternyata juga mampu mempengaruhi perilaku anak. Yuk simak artikel ini untuk mengetahui dampaknya lebih lanjut!

1. Mempengaruhi Pola Pikir dan Konsentrasi

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Psychology pada tahun 2006, ruangan yang berantakan dapat mencerminkan pemikiran yang berantakan pula. Secara tidak langsung kondisi seperti itu  dapat  menurunkan fungsi kognitif dan konsentrasi pada anak. Oleh karena itu, kebersihan ruangan sangat penting bagi pertumbuhan mereka.

2. Menyebabkan Stress

Taukah kamu? tumpukan barang-barang yang tidak terpakai bukan hanya menyebabkan rumah terlihat lebih sumpek namun juga memicu stress pada anak. Apalagi tumpukan barang tersebut diletakkan pada ruang yang kecil, hal tersebut dapat memberikan ilusi seakan-akan mereka menjadi terkepung dan tidak bebas. Pada tingkatan yang lebih parah, stress tersebut dapat berubah menjadi kecemasan bahkan depresi.

3. Menurunkan Produktivitas

Rumah yang berantakan akan membuat kekacauan dalam pikiran anak-anak sehingga mereka akan lebih fokus terhadap lingkungan sekitar yang berantakan dibandingkan mengerjakan aktivitas sehari-hari mereka. Kekacauan dalam rumah bukan hanya akan mempengaruhi produktivitas saja namun juga dapat mempengaruhi kreativitas dan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah (problem solving).

4. Dampak Langsung Pada Fisik

Bukan hanya mempengaruhi pikiran, rumah yang kotor dapat mempengaruhi kesehatanmu dan keluargamu juga. Kotoran dan kuman pembawa penyakit dapat membuat anak-anak terserang penyakit karena imun tubuh mereka masih lemah.
Sekarang kamu tahu alasan mengapa sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan rumah. Selain berpengaruh pada orang dewasa, ternyata hal tersebut juga sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang anak.

Yuk segera hubungi kami untuk bantu bersihkan rumahmu!